9 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi saat Diet


Manfaat buah alpukat bagi tubuh menurut dr. Zaidul Akbar-coyot-pixabay.com

SEPUTAR MALANG RAYA - Alpukat adalah salah satu buah yang benyak emngandung segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah yang berwarna hijau ini mengandung serat, karbohidrat, protein, yang memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung magnesium, folat, lutein,kalium, dan berbagai jenis vitamin seperti C, A, B, K, dan E. 

Dilansir dari Youtube Kunci Sehat pada Rabu, (22/6/2022), berikut ini 9 manfaat buah alpukat untuk kesehatan, ternyata salah satunya cocok untuk kamu yang sedang diet loh, ini pemaparannya: 

1. Membantu penyembuhan kanker Manfaat 

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah membantu penyembuhan kanker. Alpukat mengandung Folat yang terbukti dapat menurunkan resiko kanker. Ekstrak alpukat yang tinggi anioksidan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat ini bekerja untuk mengurangi efek samping kemotrapi pada limosit. 

(BACA JUGA:6 Cara Menghadirkan Ruangan Kedap Suara Sebagai Tempat Kerja atau Studio di Rumah)

2. Mengontrol berat badan

Bual alpukat memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan. Manngonsumsi buah alpukat terbukti mampu memebrikan rasa kenyang yang lama. Selain itu alpukat juga memiliki kandugan serat yang tinggi dengan kandungan karbohidrat yang rendah yang sangat baik untuk mengontrol berat badan. 

3. Meningkatkan kolesterol baik

Manfaat selanjutnya dari alpukat adalah meningkatkan kolesterol baik. Kandungan lemak baik dalam buah ini sangat melimpah. Kandungan lemak tak jenuh tunggal sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Namun, perlu digaris bawahi Kandungan lemak tak jenuh tunggal sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, buah aplkat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. 

4. Menyehatkan jantung 

(BACA JUGA:Tips Hadirkan Perpustakaan Dalam Rumah Minimalis, Terlihat Nyaman dan Menawan)

Manfaat alpukat lainnya adalah menyehatkan jantung. Alpukat mengandung sterol tumbuhan alami bernama beta-sitosterol. Mengonsumsi beta-sitosterol, terbukti dapat menurunkan level kolesterol yang akan menyehatkan jantung.

5. Baik untuk ibu hamil

Manfaat buah alpikat selanjutnya adalah baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Asam folat berfungsi untuk mengatur dan memproduksi jalinan sel baru. Selain itu asam folat juga dipercaya menurunkan resiko cacat lahir. 

Ibu hamil setidaknya memerlukan 400 mikrogram asalm folat setiap harinya. Karena kaya akan Folat buah berwarna hijau ini baik dikonsumsi untuk ibu hamil. 

6. Baik untuk mata 

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah baik untuk kesehatan mata. Alpukat mengandung antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin yang terbukti mampu yang terbukti mampu meminimalisir kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet pada mata. 

(BACA JUGA:Mbois! Polres Malang Adakan Lomba Chant dan Koreografi Aremania, Total Hadiah Puluhan Juta)

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat alpukat lainnya ternyata baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam alpukat yang mencapai 6-7 gram setiap setengah buahnya, membuat minuman ini mampu menyehatkan sistem pencernaan. 

Selain itu, lemak pada alpukat juga dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. 

8. Membantu penyerapan nutrisi

Alpukat dapat membantu penyerapan nutrisi. Buah ini dapat menyerap nutrisi dari makanan sehat lainnya. Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan alpukat atau minyak alpukat ke salad dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. 

9. Menjaga gula darah tetap stabil

(BACA JUGA:26 Manfaat Buah Tin dan Kandungan Nutrisinya, Obat Segala Penyakit dan Bagus Untuk Kesehatan)

Manfaat buah alpukat yang terakhir adalah dapat menjaga gula darah tetap stabil. Orang-orang yang mengonsumsi buah alpukat biasanya memiliki pola makan yang sehat. Seoerti rajin makan sayuran dan diet rendah gula. 

Hal ini berpengaruh pada kestabilan berat badan lingkar pinggang dan indeks massa tubuh. Manfaat ini juga baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. 

Demikian 9 manfaat buah alpukat yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan terutama soal manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh. 

(SMR)

`
Kategori : Kesehatan