26 Manfaat Buah Tin dan Kandungan Nutrisinya, Obat Segala Penyakit dan Bagus Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Tin-SMR-Pixabay @stevepb

SEPUTAR MALANG RAYA – Manfaat buah tin ternyata luar biasa! Mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dapat mencegah hingga mengobati berbagai macam penyakit.

Buah tin memiliki ukuran yang mungil sebesar ibu jari orang dewasa. Di dalamnya terdapat daging buah yang berbentuk biji-biji kecil berwarna ungu atau merah tua yang berjumlah ratusan (sangat banyak).

Saat masih muda, buah ini memiliki kulit luar berwarna hijau. Namun apabila sudah matang maka akan berubah menjadi merah keungu-unguan.

Biji tersebut memiliki rasa yang manis dan ketika digigit akan terasa renyah, namun memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Memiliki nama lain sebagai buah ara dan buah fig, buah ini memiliki nama latin ficus carica. Bagi umat islam, buah satu ini sangat istimewa sebab diabadikan sebagai nama salah satu surah di dalam Al-Quran.

(BACA JUGA:Dapur di Rumah Minimalis Sering Berantakan dan Kotor? Ini 6 Tips Menjaganya Tetap Rapi dan Bersih)

Buah ini bukan khusus untuk umat Islam kok, manfaat buah tin dan kandungan nutrisi di dalamnya sangat berguna untuk menjaga kesehatan seseorang, termasuk dalam mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Sebelum mengetahui manfaatnya, kamu perlu mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tin. Berikut ulasannya.

Kandungan Nutrisi Buah Tin

Meskipun kecil, kandungan nutrisi di dalam buah ara atau buah fig ini sangat banyak dan tinggi. Buah tin memiliki kandungan tembaga, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, tiamin, seng, mangan, zat besi, dan beberapa jenis mineral lainnya.

Selain itu buah tin mengandung banyak vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B kompleks yang cukup tinggi, serta riboflavin dan flavonoid.

Dalam 1 buah tin juga memiliki kandungan 10g karbohidrat, 1,5g serat, 0,15g lemak, dengan total 37 kalori.

(BACA JUGA:15 Manfaat Buah Sawo dan Kandungan Nutrisiya Terlengkap, Bagus Untuk Kesehatan Tubuh)


Benefit of Ara Fruit-SMR-Pixabay @1195798

Manfaat Buah Tin

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat buah tin yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung dikarenakan kandungan serat larut yang cukup tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. 

Kandungan kolesterol dan trigiliserida yang tinggi dapat membuat jantung mengalami plak dan berpotensi besar mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Mencegah Kanker

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, buah ara atau tin dapat mencegah pertumbuhan sel kanker terutama pada usus. 

(BACA JUGA:15 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya)

Dalam buah ini terdapat zat antioksidan seperti flavonoid, sehingga bisa mencegah kerusakan sel karena radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

3. Mengatasi Anemia

Buah tin dapat membantu mengatasi gejala anemia atau kurang darah. Kondisi anemia merupakan gangguan kesehatan yang diakibatkan seseorang kekurangan sel darah merah di dalam tubuhnya.

Produksi sel darah merah pada tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi buah tin karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi, dilengkapi dengan vitamin yang cukup kompleks.

4. Mengurangi Nyeri Ambien

Manfaat buah tin ke-16 adalah dapat mengurangi dan mengobati nyeri ambien. Obat tradisional ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan merendam buah ara semalaman. Konsumsi air rendamannya dan sekaligus buahnya di pagi hari. 

(BACA JUGA:15 Manfaat Buah Belimbing dan Sederet Kandungan Nutrisinya, Bagus Untuk Kesehatan)

Dilansir dari jurnal Evidence0Based Complemtary and Alternative Medicine, buah berukuran kecil ini dapat mengurangi tekanan pada anus sehingga bisa mengobati wasir atau ambien karena memiliki sifat pencahar, antispasmodic, dan antiimflamasi.


Benefit of Tin Fruit-SMR-Pixabay @StockSnap

5. Mengatasi Diabetes

Daun buah ini bisa mengobati diabetes karena dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes alami. Ekstrak buah fig dapat menormalkan kembali asam lemak dan kadar gula darah pada tubuh.

6. Merawat Kesehatan Rambut

Kandungan zat besi di dalamnya yang cukup tinggi dapat membantu menjaga kesehatan rambut anda. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau membeli produk esktrak dari buah ara ini (konsultasi terlebih dahulu).

Vitamin B dan C, serta mineral seperti seng, tembaga, magnesium, dan kalsium pada buah mungil satu ini bisa membuat rambut kuat dan tidak mudah rontok.

(BACA JUGA:7 HP Xiaomi Harga 2 Jutaan Spek Gila! RAM 4 128GB Kamera 50 MP Plus Baterai 5000 Mah)

7. Mengatasi Insomia / Sulit Tidur

Kandungan asam lemak omega 3 yang cukup banyak pada buah tin dapat membuat kualitas tidur anda lebih nyenyak. Selain itu, vitamin B3 di dalamnya dapat merilekskan tubuh, sehingga tidur akan lebih nyaman.

Kandungan buah ara lainnya berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah asam amino tripofan sehingga tubuh memproduksi melatonin perangsang kantuk.

8. Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat buah tin lainnya adalah dapat memproduksi oksida nitrat yang akan membuat pembuluh darah melebar dan aliran darah semakin lancar.

Dengan begitu organ seksual akan mendapatkan suplay oksigen dalam darah yang cukup sehingga lebih bergairah. 

(BACA JUGA:10 HP Murah 4G Harga di Bawah 1 Juta Terbaru Bulan Juni 2022, RAM 3GB Tangguh!)

Bagi laki-laki dan perempuan, mengonsumsi secara teratur bisa meningkatkan produksi hormone estrogren yang bisa membuat gairah seksual lebih tinggi.

9. Menurunkan Kolesterol

Sifat pencahar dan serat yang tinggi pada buah tin juga dapat digunaakn untuk membuat pergerakan usus menjadi lebih optimal. Kolesterol pada tubuh akan dibawa ke sistem ekskresi dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

10. Mengatasi Kemandulan

Buah tin telah dipercaya dapat mengatasi kemandulan dan disfungi ereksi. Manfaat ke-10 ini tentunya sangat berguna untuk laki-laki dan perempuan dewasa, khususnya dalam berumah tangga.

Manfaat vitalitas seksual pada buah ara atau buah fig ini bisa dilakukan dengan merendam buah tin secukupnya pada air susu semalaman (8-10 jam) dan konsumsi pada pagi harinya.

(BACA JUGA:8 HP Oppo Harga 2 Jutaan Juni 2022, RAM 4 128GB Kamera 50MP Baterai Jumbo)

11. Membuat Kulit Sehat


Khasiat Buah Tin-SMR-Pixabay @ulleo

Berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu menyehatkan kulit dari dalam. Kandungan di dalamnya bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk sel-sel kulit.

12. Menurunkan Hipertensi

Gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh konsumsi natrium yang biasanya bersumber pada garam terlalu berlebihan. 

Mengonsumsi buah dengan banyak kalium bisa membuat tekanan darah terkontrol dan saraf menjadi lebih rileks.

13. Mencegah Kanker Perut

(BACA JUGA:Murah! Inilah 12 HP 2 Jutaan Terbaru Bulan Juni 2022: Samsung, Vivo, Xiaomi, Oppo, Realme!)

Sebuah studi dari Universitas Calabria italia menyebut bahwa buah ara mengandung senyawa bioaktif seperti asam lemak dan fenol. Senyawa tersebut bisa menurunkan resiko kanker.

Enzim preteolitik di dalamnya dapat membantu mengahmbat pertumbuhan sel kanker khususnya yang menyerang bagian lambung.

14. Mengobati Kanker Kolon

Memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, buah tini dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker kolon atau kanker pada usus besar. Serat akan merangsang usus untuk lebih aktif bergerak. 

15. Mencegah Simbelit

Dari tim peneliti Universitas Scranton, AS menyebutkan bahwa serat di dalam buah ara dapat memperlancar proses pencernaan pada usus. 

Serat akan membuat massa makanan dalam usus seakan bertambah, sehingga merangsang gerakan yang semakin optimal, sehingga hal ini juga berlaku untuk mengatasi diare.

(BACA JUGA:7 Tips Upgrade Rumah Minimalis Lebih Estetik Padukan Gaya Korea, Mudah dan Terjangkau)

16. Menguatkan Tulang

Kandungan fosfor dan magnesium, serta kalsium pada buah tin cukup banyak sehingga bisa membantu dalam menguatkan tulang dan menghindari gejala osteoporosis seperti tulang keropos. 

17. Menurunkan Berat Badan


Benefit of Fig Fruit-SMR-Pixabay @AnnRos

Buah fig atau buah ara ini memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap yang dibutuhkan tubuh untuk membuatmu lebih kenyang dengan total lemak atau karbohidrat yang sangat sedikit. Konsumsi buah tin tanpa gula atau penambah rasa manis lain seperti susu maupun madu. 

18. Menurunkan Resiko Alzheimer

Buah ara dapat mengurangi neuroinflamasi yang sering terjadi pada pertambahan umur seseorang, hal ini terkait dengan kemampuannya untuk mengurangi reskio terserang penyakit Alzheimer di usia senja.

(BACA JUGA:Jadi Wah! 7 Pola Memasang Keramik Agar Rumah Minimalis Tampil Lebih Estetik dan Kekinian)

19. Mengobati Bronkitis

Daun buah fig bisa menjadi obat alternatif untuk mengatasi gangguan pernafasan bronkitis, rebusan daunnya akan seperti teh pada umumnya. Selain itu juga dapat mengurangi gejala asma.

20. Mencegah Penyakit Mata

Buah ara atau tin ini bisa membantu mencegah penyakit mata seperti degenerasi macula pada usia senja. Di mana mata akan kehilangan titik fokus sehingga penglihatan akan buram.

Hal ini terkait kandungan vitamin A yang cukup tinggi serta antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata.

21. Meningkatkan Kesehatan Hati

(BACA JUGA:Rumah Minimalis 2 Lantai? Sulap Kolong Tangga Jadi 7 Ruangan Kece Ini, Yuk Optimalkan Fungsinya!)

Manfaat buah tin yang ke-21 adalah dapat membersihkan racun pada hati dan membuatnya tetap dalam kondisi sehat optimal. Daun buah ini juga bisa dijadikan teh yang berfungsi untuk mencegah kerusakan fungsi hati.

22. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Kandungan lendir pada buah fig atau tin cukup banyak sehingga dapat mempercepat keluarnya dahak dari tenggorokan. Buah ara ini bisa membuat rasa sakit pada area tenggorokan berkurang.

23. Bagus Untuk Perkembangan Otak Janin

Buah fig kaya akan omega 3 dan folat, kedua nutrisi ini sangat baik untuk perkembangan otak pada janin untuk ibu hamil. 

24. Mengobati Penyakit Kulit

(BACA JUGA:19 Dampak Negatif Pil KB Yang Harus Kamu Tahu! Dari Depresi Hingga Stroke)

Beberapa jamu dan obat tradisional mengaplikasikan buah tin sebagai pengobatan alternatif dalam mengobati berbagai penyakit kulit seperti vitiligo, eksim, dan psoriasis.


Benefit of Ara Fruit-SMR-Pixabay @1195798

25. Meningkatkan Kualitas Sperma

Mengonsumsi buat fig dapat meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan oleh laki-laki. Bagi perempuan, efeknya dapat membuat jadwal menstruasi lebih teratur. 

26. Sumber Antioksidan

Memiliki kandungan antioksidan fenolik, buah ara dapat melawan dan menetralkan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. 

Itulah beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh. Selain itu beberapa kandungan nutrisi di dalamnya dapat menyembuhkan dan mencegah penyakit, serta menjaga fungsi dari organ-organ tubuh.

(BACA JUGA:Ingin Punya Anak Kembar, Lakukan 4 Tips Ini Untuk Memperbesar Peluangnya)

Kamu dapat mengonsumsi buah tin secara langsung atau diseduh layaknya teh. Saat ini juga tersedia ekstrak buah tin. Jika tidak ingin semua itu, cobalah untuk membuat jus atau sebagai campuran makanan dan minuman.

Semoga bermanfaat.

(SMR)

`
Kategori : Kesehatan