26 Manfaat Buah Nanas dan Kandungan Nutrisinya, Bagus Untuk Kesehatan Tubuh Anda


Manfaat Buah Nanas-SMR-Pixabay @senjakelabu29

SEPUTAR MALANG RAYA – Manfaat buah nanas sangat beragam karena memiliki kandungan nutrisi cukup kompleks yang bagus untuk kesehatan tubuh anda dan mencegah berbagai macam penyakit.

Buah nanas banyak tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Memiliki bentuk yang unik hingga menginspirasi film kartun populer yakni untuk rumah Spongebob Squarepants.

Memiliki rasa yang lezat dengan sedikit asam, manis, dan kecut, memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cocok untuk disajikan saat dalam bentuk jus ataupun dimakan langsung.

Nanas memiliki daging buah berwarna kuning, namun hati-hati dalam mengupas kulitnya karena memiliki duri, terlebih pada bagian mahkota buahnya. Selain itu, daun pada tanaman nanas juga memiliki duri yang cukup tajam.

Dengan nama latin Ananas Comosus, buah ini mampu memikat masyarakat Indonesia untuk menyetok di lemari pendingin mereka. Sebagian warga juga memilih buat ini untuk dibudidaya karena permintaan yang cukup banyak.

(BACA JUGA:Meski Mungil, Inilah 9 Furniture Rumah Minimalis yang Bisa Hasilkan Kesan Mewah)

Tanaman yang berasal dari Amerika Tropis, Brazil, Argentina, dan Peru tersebut kemudian tersebar hingga ke seluruh dunia. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan beragam, sehingga tidak heran buah nanas memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Healthline dan MedicalNewsToday, mengonsumsi buah nanas akan memberikanmu sejumlah kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan manfaatnya untuk menjaga kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Buah nanas memiliki kandungan kalori total 74 kkal (per 165 gram), lemak 0 mg, kolesterol 0 mg, natrium 2 mg, kalium 206 mg, karbohidrat 206 mg, gula 13 mg, protein 1 g, vitamin C 28 mg, dan kalsium 21 mg.

Selain itu, kandungan beta karoten, serat, antioksiden, zat bromelain, zat besi, magnesium, sukrosa, vitamin B, vitamin A, kolin, zinc, selenium, dan masih banyak lagi juga bisa kamu dapatkan.

Kandungan nutrisi yang beragam dan memiliki nilai yang lumayan tinggi bisa memenuhi kebutuhan tubuh anda. Sehingga beberapa manfaat buah nanas bisa dirasakan, apa saja? Simak penjelasan selengkapnya.

(BACA JUGA:15 Manfaat Buah Sawo dan Kandungan Nutrisiya Terlengkap, Bagus Untuk Kesehatan Tubuh)


Kandungan Nutrisi Buah Nanas-SMR-Pixabay @WebTechExperts

20 Manfaat Buah Nanas

1. Mengatasi Peradangan

Manfaat buah nanas pertama adalah dapat mengatasi atau meredakan peradangan. Kandungan bromelain pada buah ini dapat menyembuhkan tenggorakan sakit yang biasanya terjadi saat batuk berdahak.

Selain itu buah nanas juga memiliki kandungan antioksidan dan bromelain yang berkerja sama untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi dan penyakit sinusitis.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengonsumsi buah unik satu ini seseorang akan mendapatkan asupan nutrisi seperti serat, antioksidan, dan bromelain yang cukup banyak. 

(BACA JUGA:15 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya)

Ketiga nutrisi tersebut sangat bagus untuk membantu mengatasi masalah pencernaan ringan, hingga meringankan peradangan pada saluran usus akibat penyakit colitis ulseratif.

3. Mengatasi Penyakit Kulit

Tanpa disadari, mengonsumsi buah yang memiliki rasa nikmat tersebut dapat menjaga kesehatan dan menghindarkan penyakit kulit. 

Hal ini dikarenakan  kandungan vitamin B, vitamin C, mineral mangan, serta antioksidan di dalamnya yang cukup besar untuk memberikan perlindungan pada sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, maupun hal lain.

4. Mengatasi Asma

Sumber makanan nabati yang memiliki banyak nutrisi ini, salah satunya adalah kandungan beta karoten yang cukup tinggi.

(BACA JUGA:15 Manfaat Buah Belimbing dan Sederet Kandungan Nutrisinya, Bagus Untuk Kesehatan)

Kandungan beta karoten pada buah nanas dapat membantu menurunkan resiko asma dan mengatasi peradangan pada saluran pernafasan.


Khasiat Buah Nanas-SMR-Pixabay @matthiasboeckel

5. Mengatasi Jerawat

Bukan hanya untuk mempercepat penyembuhan jerawat, buah lezat ini bisa mencegah pertumbuhan jerawat pada wajah dan area tubuh lain seperti pada punggung maupun area dada.

Nanas dapat memperkecil pori-pori, menghilangkan komedo, dan menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Hal tersebut berkat kandungan eznim bromelain yang cukup banyak.

6. Mengatasi Flek Hitam

Buah nanas dapat menjadi perawatan alami untuk kecantikan anda, membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Caranya juga mudah, buatlah nanas sebagai masker.

(BACA JUGA:Rekomendasi 5 Buah Kaya Nutrisi Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat, Nomor 4 Gak Perlu Beli!)

Haluskan nanas terlebih dahulu secukupnya pada sebuah wadah, tambahkan madu kemudian oleskan menyeluruh pada wajah dan diamkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh (imunitas)

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah nanas dapat meningkatkan imunitas tubuh apabila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Segelas jus nanas (tanpa gula agar lebih sehat) ukuran 150 gram dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh manusia, sehingga seseorang akan memiliki daya tahan yang tinggi dari virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit.

Mengonsumsi buah nanas juga dapat membuat tubuh seseorang menjadi bugar, lebih bersemangat, dan tidak mudah jatuh sakit.


Khasiat Nanas-SMR-Pixabay @pineapplesupplyco

8. Menurunkan Berat Badan

(BACA JUGA:Murah! Inilah 12 HP 2 Jutaan Terbaru Bulan Juni 2022: Samsung, Vivo, Xiaomi, Oppo, Realme!)

Dengan bentuknya yang unik dan mengupasnya yang perlu sedikit perjuangan, ternyata buah ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan.

Banyak publikasi penelitian juga merekomendasikan nanas sebagai alternatif untuk meningkatkan proses metabolisme lemak, sehingga BB kamu akan turun dengan stabil dan perlahan mulai ideal.

9. Mengatasi Batuk

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu dalam mengatasi batuk. Kandungan nutrisi lainnya pada buah ini mampu membuat dahak pada tenggorokan akan lebih cair dan mudah keluar.

Kandungan bromelain di dalamnya juga bermanfaat untuk meredakan batuk keras, sehingga kamu akan lebih cepat sembuh.

10. Mengatasi Sembelit dan Kembung

Selain dapat meredakan batuk di atas, buah dengan rasa asam dan manis ini bisa berfungsi untuk mengatasi sembelit dan kembung. 

(BACA JUGA:17 Aplikasi Convert Video Untuk HP dan PC Terbaik 2022, Sangat Bisa Diandalkan!)

Kandungan bromelain yang tinggi akan mempercepat tubuh dalam memproses protein di saluran pencernaan, sehingga masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung bisa diatasi dengan baik. 


Manfaat Nanas-SMR-Pixabay @Brett_Hondow

11. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan gula darah yang tinggi tidak baik untuk tubuh, begitu juga apabila seseorang kekurangan kadar gula pada darah.

Buah nanas dapat memberikan asupan gula darah yang lebih sehat dan alami, sehingga kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil di angka normal.

12. Memperkuat Tulang

Nanas dapat mencegah osteoporosis karena dapat memperkuat tulang tubuh anda. Hal ini dikarenakan kandungan berbagai jenis mineral yang cukup tinggi seperti magnesium, kalsium, kalium, zat besi, zink, selenium, dan mangan.

(BACA JUGA:10 HP Murah 4G Harga di Bawah 1 Juta Terbaru Bulan Juni 2022, RAM 3GB Tangguh!)

Bahkan satu potong nanas sebesar 100 gram dapat mencukupi kebutuhan mineral harian tubuh manusia, ingat (yang dimaksud bukan air mineral, jadi tetap cukupi kebutuhan air putihmu).

13. Menangkal Radikal Bebas

Kandugnan vitamin C pada buah nanas dapat menjadi antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit apabila dikonsumsi secara rutin. Jika kesulitan untuk mengolah buah nanas sendiri, belilah jus buah ini namun tanpa gula.

14. Mencegah Penyakit Jantung

Vitamin C dapat mencegah oksidasi kolesterol dan mencegah terjadinya plak yang dapat menyumbat arteri pada jantung. 

(BACA JUGA:13 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik 2022 yang Bisa Dipakai Sambil Rebahan, Bukan App Trading)

Selain vitamin C, buah unik ini memiliki kandungan potassium dan mineral lainnya yang bisa menyeimbangkan jumlah air yang disimpan oleh tubuh.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Selain sebagai sumber vitamin C, kandungan vitamin A di dalamnya juga cukup tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatan mata. 

Seperti mencegah kerusakan pada sel-sel mata yang bisa mengakibatkan degenerasi macula. Kandungan beta karoten akan melancarkan proses vitamin A dalam menyehatkan mata anda.

16. Mempercepat Pemulihan

Buah nanas dapat mempercepat proses pemulihan pasca melakukan operasi atau pembedahan. Selain itu memakan buah ini bisa memberikan energi lebih seketika pasca melakukan latihan berat. 

(BACA JUGA:7 Cara Memilah dan Menata Perabot Dapur di Rumah Minimalis Agar Lebih Rapi dan Bersih)

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau olahraga. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dari enzim bromelain.

17. Mencegah Kanker


Nutrisi Nanas-SMR-Pixabay @OrnaW

Ananas Comosus, buah dengan rasa cukup legit dengan kombinasi asam dan manisnya ini memiliki kandung beta karoten dan sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melawan kanker prostat.

18. Meningkatkan Kesuburan

Buah nanas dapat meningkatkan kesuburan atau sistem reproduksi menjadi lebih sehat, berlaku bagi laki-laki maupun perempuan dewasa. 

Hal ini dikarenakan kandungan mineral di dalamnya yang cukup tinggi dan beragam seperti beta karoten, seng, folat, kalsium, zat besi, zink, tembaga, dan masih banyak lagi.

(BACA JUGA:10 Tips Agar Plafon Terlihat Lebih Tinggi Buat Rumah Minimalis Menjadi Megah dan Luas)

19. Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi anda apabila mengonsumsi dengan rutin tanpa gula maupun es batu. Bisa membuat gigi menjadi lebih putih dan menghilangkan plak pada gusi.

20. Memperkuat Kuku

Manfaat buah nanas yang ke-20 adalah bisa memperkuat kuku, hindari dari resiko patah atau kering. Patahnya kuku terjadi apabila tubuh kekurangan banyak vitamin seperti vitamin C, B, dan A.

21. Menjaga Kesehatan Bibir

Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada buah nanas dapat membuat penampilan bibir anda semakin mempesona tanpa takut mengalami kering atau pecah-pecah. Kamu juga lebih terhindar sariawan.

22. Mengatasi Diabetes

(BACA JUGA:Riview Pesona Pemandian Sumber Sirah Malang, Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitasnya)

Nanas memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 13 gram per 100 gram buah nanas. Dengan kandungan serat yang tinggi, kamu bisa menurunkan resiko diabetes tipe satu karena dapat mengontrol kadar gula darah.

23. Menurunkan Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Kalium pada buah ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi dalam dunia medis. Mengonsumsi nanas secara rutin akan mengontrol tekanan darah selalu stabil.

24. Memperbaiki Kesehatan Mental

Kandungan asam amino tripofan, vitamin B, dan serotonin yang cukup melimpah pada buah nanas mampu membuat orang yang sedang strees mendapatkan moodnya kembali. Mendukung sistem neuorlogis dan untuk meningkatkan produksi hormon mood.

(BACA JUGA:Riview Pantai Midodaren Tulungagung, Wisata Laut Kekinian Dengan Konsep Modern)

25. Mencerahkan Kulit dan Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah nanas adalah 48,7 mg. Kandungan yang tinggi ini bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Kamu bisa mengonsumsinya atau membuatnya menjadi masker wajah.

26. Sumber Energi

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam, khususnya B1 yang bisa mengubah gula menjadi energi. Buah nanas termasuk penghasil daya bagi tubuh manusia yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah latihan berat.

Itulah 26 manfaat buah nanas dan kandungan nutrisnya yang tinggi. Mengonsumsi buah nanas secara rutin bisa membantumu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit. 

(BACA JUGA:Idul Adha Muhammadiyah Resmi Tanggal 9 Juli 2022, Kemenag Siap Lakukan Rukyatul Hilal)

Selain dengan mengonsumsinya, kamu bisa menjadikan buah nanas sebagai masker alami untuk perawatan dan kecantikan. Semoga membantu.

(SMR)

`
Kategori : Kesehatan