Sering Merasa Ngantuk Usai Makan, Normalkah? Kenali Sebabnya Sebelum Menyesal


Ilustrasi orang mengantuk/lelah--Pixabay.com

SEPUTAR MALANG RAYA - Merasa ngantuk usai makan merupakan hal yang umum terjadi seolah telah menjadi penyakit bawaan setiap lapisan masyarakat. Namun yang menjadi pertanyaan, amankah kebiasaan ini jika terus dilakukan?

Banyak kabar yang menyebutkan kebiasaan mengantuk dan tidur usai makan merupakan tanda serta sering dikait-kaitkan dengan penyakit diabetes. Dilansir dari Healthline, mengantuk usai makan merupakan hal yang normal.

Hal tersebut bisa terjadi karena tubuh sedang merespon perubahan biokimia yang disebabkan oleh proses pencernaan. Selain itu, rasa kantuk juga dapat terjadi tergantung dari porsi serta jenis makanan yang kita konsumsi.

Rasa kantuk terjadi karena meningkatnya kadar hormon serotonin dan melatonin. Diantara kedua hormon tersebut, serotonin lah yang berkaitan langsung dengan proses makan.

Terdapat salah satu jenis asam amino yang digunakan tubuh sebagai penghasil hormon serotonin, Tritofan namanya.

(BACA JUGA:Pendidikan Sebagai Pondasi Peradaban Manusia)

Asam amino jenis ini sering ditemukan di makanan-makanan berprotein tinggi seperti ikan, tahu, telur, kedelai, bayam dan keju. Selain itu makanan yang tinggi akan karbohidrat juga berpotensi meningkatkan hormon serotonin.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa kantuk ini usai makan, antara lain:

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : healthline