Rabu 20-10-2021,11:22 WIB

Lestarikan Budaya, DKKB Gelar Ritual Sambang lan Suguh Pepunden Dahyang lan Dahwang


Reporter : Oman
Editor : Oman





Sambang lan Suguh Pepunden, Dahyang lan Dahwang. (ist)-dok. istimewa -

SEPUTAR MALANG RAYA - Guna melestarikan budaya, sejarah dan nilai-nilai luhur  warisan nenek moyang, DKKB (Dewan Kesenian Kota Batu) melakukan ritual Sambang lan Suguh Pepunden, Dahyang lan Dahwang.


"Kami terus bergerak ngabekti kagem negeri, tlatah ing Mbatu Aji. Kultural sebelum Struktural. Prosesi penghormatan dan darma bakti kepada para leluhur Kota Batu yang ada di masing-masing desa/kelurahan sebagai wujud pelestarian nilai budaya secara turun-temurun yang sejak dahulu ada, adalah hal wajib yang diajari orang tua kepada anak, saudara, dan kerabat," tutur Ketua Dewan Kesenian Kota Batu, Sunarto, Selasa (13/10/2021).

Kegiatan ini juga dalam upaya memperingati HUT Kota Batu ke - 20 (17 Oktober). Ritual dijalankan lewat mendatangi pusara para sesepuh dan tempat keramat sebagai perwujudan merajut tali silaturrahim antar sesama dan kepada leluhurnya.


Kegiatan semacam ini disakralkan oleh para orang tua atau siapapun yang akan mempunyai hajat untuk sambang leluhurnya di mana pusaranya berada. 

Serangkaian ritual berkirim doa dijalankan sesuai dengan kepercayaan disertai dengan menabur bunga serta membakar dupa bahkan tidak jarang juga saat ini biasa terlihat di berbagai tempat ada yang membawa air siraman dalam sebuah botol atau kendi pun tak jarang pula diantaranya banyak ditemukan ada yang memasang sesaji dalam berbagai bentuk dan bermacam isi. 

(BACA JUGA:Bermain di Timnas dan Klub, Dua Penyerang Arema FC Masih Tumpul )

Hal ini dilakukan untuk tujuan berharap berkah (Ngalap Berkah) dari yang Maha Kuasa atas jasa dan budi baik para leluhur yang telah tiada, tentunya dalam rapalan serta doa yang dibacakan bukan untuk meminta sesuatu kepada yang telah tiada namun halnya ini berkaitan dengan prosesi dan cara mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa atas segala-galanya. Mendoakan leluhur, menyuguhkan bakti syukur.


Tags : #pemerintahan kota batu #kota wisata dibatu #kota wisata di malang #kota batu kota wisata #kota batu #dkkb #dewan kesenian kota batu
Kategori : Kabar Ngalam