Inspiratif! Kisah Siswa SMK Malvocs Bisa Meraih Penghargaan Film Tingkat Internasional di Jepang


Angelina Priatna Putri Raih Penghargaan Film di Jepang-dok. istimewa-

SEPUTAR MALANG RAYA - Angelina Priatna Putri membagikan kisah inspiratif ketika berhasil mendapatkan penghargaan di Ajang Film Festival Anak Tingkat Internasional di Jepang.

Siswa kelas 12 Jurusan Produksi Film Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen ini berhasil menyita perhatian dewan juri.

Dalam ajang film pada 7 April 2022 silam itu, Angelina menampilkan film Sari yang beberapa kali menjuarai festival film tingkat nasional.

"Hanya 2 sekolah di Indonesia yang mengikuti Ajang Festival Film tersebut, yaitu sekolah saya SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (MALVOCS) dan dari SMK Kudus, Film yang saya tayangkan dari sekolah saya yaitu Film SARI," katanya.

Diceritakan lebih lanjut, film tersebut mengangkat nilai-nilai budaya kearifan lokal di Malang Raya. Lantaran  menampilkan salah satu tari tradisional Indonesia, yaitu Topeng Bapang.

(BACA JUGA:5 Prospek Lulusan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (MALVOCS))

"Kisahnya yaitu tentang seorang anak yang tidak setuju dengan kehidupannya, ia didampingi kakeknya bekerja sebagai pengamen tarian," lanjut Angel.

Alasan Panitia di Jepang tertarik dengan film karya SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen itu, disebabkan film tersebut punya daya tarik sendiri. 

"Sangat menyentuh perasaan serta unsur budaya tari tradisional Indonesia yang kami tampilkan, mungkin itu yang membuat Panitia di Jepang memberi penghargaan kepada kami," tuturnya.

Behasil menembus dunia film internasional, sebulan kemudian, Angel dkk memutuskan untuk membuat Film lain Berjudul "Nyekar".

Tak tanggung-tanggung, setelah dilombakan di tingkat nasional, film "Nyekar" karya siswa Malvocs itu masuk dalam nominasi  terbaik.

"Film tersebut saya lombakan dalam Festival Film Pelajar Nusantara dan mendapat nominasi kameramen Terbaik dan Penulis naskah terbaik," imbuhnya.

(BACA JUGA:Cerita Siswa SMK Malvocs Delen Anjas Wangi, Terjun ke Dunia Model Hingga Jadi Finalis Duta Pariwisata Jatim)

Orang tua dari Angelina Priatna Putri mengaku senang dan selalu mendukung karirnya lantaran menambah segudang pengalaman.

Ketika ditanya keinginan setelah lulus, Angel ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

"Sebenarnya ingin kuliah tapi karena lagi ada kendala ekonomi, mungkin saya bekerja dulu, kalau ada tawaran beasiswa pasti saya ambil," tandasnya.

(BACA JUGA:Keren! Siswa SMK Malvocs Asal Pagak Ini Bisa Raup Ratusan Juta dari Hasil Menyanyi)

Sementara itu, Arif Joko Suryadi dari Kemendikbudristek yang juga merupakan mantan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen turut menyampaikan apresiasinya.

Ia menegaskan kepada siswa yang baru lulus agar tidak ragu untuk memilih Smk Malvocs, karena terbukti memiliki segudang prestasi.

"Selamat atas prestasi prestasi smk muhammadiyah 5 kepanjen, sekolah pusat keunggulan dan jangan ragu untuk bergabung disekolah ini , MALVOCS Kereenn!!!," pungkas Arif Joko Suryadi.

(SMR)


--

`
Kategori : Kabar Ngalam