Ustadz Quraish Shihab Memberikan Cara Menegur dengan Tepat, Simak Penjelasannya


tangkapan layar quraish shihab bersama najwa shihab-Youtube Najwa Shihab

SEPUTAR MALANG RAYA - Ulama sekaligus cendekiawan muslim Indonesia Prof. Dr. Quraish Shihab mengatakan bahwa secara umum teguran kepada orang lain itu perlu dilakukan.

Menegur orang lain itu wajar, karena semua orang punya potensi melakukan kesalahan dan ada kekurangan yang perlu ditegur agar bisa menjadi lebih baik.

Hal tersebut dikatakan Abi sapaan akrab Najwa Shihab kepada sang ayah saat ditanya oleh putrinya tentang cara elegan menegur orang lain dalam bincang santai Shihab & Shihab di Channel YouTube Najwa Shihab, Kamis (28/07/2022).

“Bagaimana cara kita menegur orang lain dengan pas dalam pergaulan sehari-hari, baik kepada sahabat, kepada orang yang baru kenal, atau bahkan yang tidak kenal sekalipun. Terkadang ada ketidakcocokan sehingga sungkan. Bagaimana cara menegur yang benar,” tanya Nana, sapaan akrabnya.

Pria berdarah arab ini menjelaskan bahwa perlu adanya cara bagi orang yang menegur. Artinya, harus benar dan tepat dalam menegur agar tidak salah tafsir sehingga menjadi suatu yang yang negatife bagi orang yang ditegur.

(BACA JUGA:Puasa Tapi Tidak Shalat, Apa Hukumnya? Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Berikut)

Ustadz Quraish Shihab membagi kategori teguran kepada dua orang. Pertama kepada seorang sahabat dan kedua kepada orang yang belum kenal.

“Kalau itu sahabatnya, maka perlu ditegur. Tetapi, ada yang perlu digarisbawahi bahwa jangan andalkan persahabatanmu sehingga teguranmu melampaui batas,” tuturnya.

`
Kategori : Khazanah